Apa itu Digital Nomad? Berikut 8 Tips untuk Jadi Digital Nomad!

Apa itu Digital Nomad? Berikut 8 Tips untuk Jadi Digital Nomad!

Digital nomad adalah keliru satu profesi yang sangat diimpikan oleh banyak orang pas ini. Bagaimana tidak? Sebagai digital nomad, Anda mampu traveling kemana saja tapi selamanya mampu memperoleh penghasilan. 

Terdengar menarik? Jelas! Tetapi, Anda perlu paham kecuali pekerjaan ini bukanlah hal yang enteng untuk dilakukan. Ada orang yang butuh bisnis ekstra kala mengawalinya.

Oleh karena itu, di artikel ini kita idamkan membagikan lebih dari satu tips membuat Anda yang idamkan bercita-cita menjadi digital nomad. Namun, sebelum mengkaji hal itu, yuk kita pahami dulu apa itu digital nomad. 

Apa itu Digital Nomad?

Digital nomad adalah arti bagi seseorang yang bekerja tanpa terikat oleh pas dan tempat. Istilah nomad itu sendiri berasal berasal dari kata ‘nomaden’, dengan sebutan lain berpindah berasal dari satu area ke area lain. 

Tentu saja, rutinitasnya pun jauh lebih fleksibel  dibanding kerja kantor. Anda tidak perlu bangun pagi, terlilit macet atau lembur di kantor. Anda hanya perlu dua modal utama yakni laptop dan akses internet. 

Namun, menjadi digital nomad tidak serupa bersama dengan bekerja secara remote.

Digital nomad adalah sebuah profesi di mana Anda mampu bekerja kapan pun dan di mana pun. Sedangkan bekerja secara remote, bermakna Anda bebas bekerja di mana pun, tapi bersama dengan jam kerja yang telah ditentukan. 

Ada banyak jenis pekerjaan digital nomad pas ini. Mulari berasal dari copywriter, digital marketer, hingga virtual assistant. Namun, seluruh itu bukan bermakna tanpa tantangan.

6 Tips Menjadi Digital Nomad

Nah, sesudah sadar bervariasi halangan 6 Tips menjadi digital nomad, saat ini waktunya Anda buat persiapan diri untuk jadi digital nomad! Tanpa berlama-lama, yuk mengikuti apa saja tipsnya di bawah ini.  

1. Temukan Alasannya jika kalian Ingin Menjadi Digital Nomad 

Sebelum memulainya, tanyakan kepada diri Anda mengapa idamkan menjadi digital nomad. Apakah cuma untuk mampu berkeliling dunia? Atau, tidak bahagia bersama dengan kebiasaan ke kantor?

Apa pun alasannya, hiraukan secara matang dan jangan terburu-buru. Jadi, Anda mampu selamanya termotivasi dan tidak menyesal di kemudian hari. 

Sebagai contoh, Anda mampu merintis sebagai digital nomad kecuali menjadi lebih nyaman bekerja sambil traveling. Atau, bersama dengan bekerja secara nomaden, Anda menjadi mampu belajar banyak pengalaman hidup yang berharga.

Intinya, Anda perlu lebih memastikan alasan Anda idamkan hidup sebagai digital nomad. Dan, pikirkan terhitung apakah Anda sangat mampu melewati segala rintangannya.

2. Kenali Apa Saja Skill Anda

Setelah paham kemauan Anda, cara selanjutnya adalah pilih pekerjaan apa yang idamkan Anda geluti. Saran kami, pilihlah pekerjaan yang cocok bersama dengan minat dan skill Anda. 

Saat ini telah banyak beragam lowongan pekerjaan yang tawarkan sistem kerja remote. Seperti copywriting, digital marketing, translator, information analyst, desainer website dan sebagainya. Hal ini pasti mampu menunjang konsep Anda menjadi seorang digital nomad.

Selain itu, menentukan pekerjaan yang cocok bersama dengan pengalaman atau latar pendidikan Anda sebelumnya. Jadi, dapat lebih kredibel di mata klien. 

3. Buat Portfolio

Portofolio merupakan kumpulan dokumentasi berasal dari hasil karya yang dulu Anda buat. Entah karya selama bekerja di area lama, hasil project pas menjadi freelancer, atau karya yang belum dulu Anda publikasikan.

Memiliki portofolio sangat penting bagi seorang digital nomad. Selain dijadikan tolak ukur untuk di terima atau tidak, portfolio terhitung mampu menjadi acuan kala perekrut pilih gaji Anda.

Oleh karena itu, persiapkanlah portfolio Anda sebelum menjadi melacak pekerjaan. Bila perlu, membuat website portofolio spesifik untuk menaikkan nilai profesionalitas Anda.

4. Cari Pekerjaan bersama dengan Sistem Remote

Sebagai seorang digital nomad, jenis pekerjaan yang cocok bersama dengan Anda pasti saja yang bersifat remote atau freelance.

Tak perlu khawatir. Saat ini banyak perusahaan menerapkan sistem remote untuk beragam posisi. Terutama, start up. Jadi, Anda mampu melacak lowongan berasal dari perusahaan yang lebih banyak fokus di dunia digital.

Untuk ketersediaan lowongan kerja remote pun kini telah enteng ditemukan. Bisa lewat website lowongan kerja seperti JobStreet atau Tech in Asia. Bisa terhitung berasal dari beragam website freelance baik lokal maupun internasional. 

Anda bahkan mampu menciptakan pekerjaan sendiri berdasarkan skill Anda. Terutama, banyaknya kesempatan untuk membuahkan duit berasal dari internet.

5. Lakukan Uji Coba 

Mampukah Anda pas bekerja sebagai digital nomad? Jika belum yakin, lakukanlah uji cobalah dulu.

Misalnya, kecuali pas ini Anda masih berstatus sebagai pegawai kantoran, Anda mampu mengajukan izin untuk bekerja secara remote didalam lebih dari satu hari. Lalu, pergilah ke area yang Anda sukai dan bekerja di sana. Jika Anda mampu lebih produktif, fokus dan menjadi nyaman bersama dengan keadaan tersebut, bermakna Anda telah siap.

Cara lainnya adalah melacak proyek freelance. Jika Anda mampu mengerjakan project bersama dengan baik tanpa mengganggu kegiatan kantor, bermakna Anda memiliki manajemen pekerjaan yang baik. Hal itulah kunci untuk jadi seorang digital nomad.

6. Siapkan Tabungan

Seperti yang Anda ketahui, tantangan berasal dari seorang digital nomad adalah penghasilan yang tidak pasti. Oleh karena itu, siapkan tabungan yang lumayan untuk menjalaninya. 

Jika di satu pas Anda mendapat banyak project bersama dengan bayaran tinggi, lebih dari satu mampu menjadi tambahan tabungan Anda. Apabila di pas lain Anda sulit memperoleh klien, Anda masih mempunyai dana lebih untuk bertahan hidup.

Comments

Popular posts from this blog

Waspada Selaput Putih Mata, Benarkah Katarak?

Link 90

waktu yang baik untuk melaksanakan umroh